SEJARAH INTERNET
A. Pengertian
Internet
Internet
dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu
menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh
dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai
yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
B. Kemunculan
Internet Di Mata Dunia
Internet
merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika
Serikat pada tahun 1969 yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency
Network). Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar
informasi dapat dipindahkan dan sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission
Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan
awal proyek itu adalah untuk keperluan militer. Saat itu Departemen Pertahanan
Amerika Serikat membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan
menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila
terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat.
Mulanya
ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute,
University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka
membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET
diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini
berkembang pesat di seluruh daerah, Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua,
yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru
yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas.
Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang
kemudian disederhanakan menjadi Internet.
C.
Kemunculan Internet Di Indonesia
Sejarah
internet Indonesia dimulai pada awal tahun 1990-an. Saat itu jaringan internet
di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network dimana semangat kerjasama,
kekeluargaan & gotong royong sangat hangat dan terasa di antara para
pelakunya. Agak berbeda dengan suasana Internet Indonesia pada perkembangannya
kemudian yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktivitasnya,
terutama yang melibatkan perdagangan Internet. Sejak 1988, ada pengguna awal
Internet di Indonesia yang memanfaatkan CIX (Inggris) dan Compuserve (AS) untuk
mengakses internet.
Berdasarkan
catatan whois ARIN dan APNIC, protokol Internet (IP) pertama dari Indonesia,
UI-NETLAB (192.41.206/24) didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada 24 Juni
1988. RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu,
Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan beberapa nama-nama
legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia di tahun 1992 hingga 1994.
Masing-masing personal telah mengontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam
membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia.
Di
sekitar tahun 1994 mulai beroperasi IndoNet yang dipimpin oleh Sanjaya. IndoNet
merupakan ISP (internet service provider) komersial pertama Indonesia. Pada
waktu itu pihak POSTEL belum mengetahui tentang celah-celah bisnis Internet
& masih sedikit sekali pengguna Internet di Indonesia. Sambungan awal ke
Internet dilakukan menggunakan dial-up oleh IndoNet, sebuah langkah yang cukup
nekat barangkali. Lokasi IndoNet masih di daerah Rawamangun di kompleks dosen
UI, kebetulan ayah Sanjaya adalah dosen UI. Akses awal di IndoNet mula-mula
memakai mode teks dengan shell account, browser lynx dan email client pine pada
server AIX.
Mulai
1995 beberapa BBS di Indonesia seperti Clarissa menyediakan jasa akses Telnet
ke luar negeri. Dengan memakai remote browser Lynx di AS, maka pemakai Internet
di Indonesia bisa akses Internet (HTTP).
D.
Dampak Internet Bagi Pengguna
1.
Dampak Positif Internet
a.
Internet sebagai media komunikasi
merupakan fungsi internet yang
paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi
dengan pengguna lainnya di seluruh dunia. Media pertukaran data atau informasi
lainnya dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web)
dengan cepat dan murah.
b.
Membantu perkembangan para remaja
Berdasarkan suvey di Amerika
Serikat membuktikan jika berselancar di dunia maya, bermain game online, dan
bermain situs jejaring sosial justru baik bagi perkembangan remaja. Digital
Youth Project yang disponsori MacArthur Foundation selama tiga tahun berhasil
membuktikan internet baik bagi perkembangan remaja. Proyek yang dilakukan
selama tiga tahun itu melibatkan 800 remaja dan orang tua untuk mengetahui
peningkatan kemampuan teknologi remaja. Hal ini juga mematahkan anggapan para
orangtua yang menyatakan bermain internet hanya membuang waktu saja.
c.
Menambah wawasan
Internet merupakan sebuah layanan
yang memudahkan kita menambah wawasan, berkomunikasi, dan juga memudahkan kita
untuk mencari suatu bahan yang mungkin sulit dicari secara nyata. Dalam dunia
pendidikan internet dapat membantu siswa untuk mengakses berbagai informasi dan
ilmu pengetahuan serta sharing riset antarsiswa terutama dengan mereka yang
berjauhan tempat tinggalnya.
2
Dampak Negatif Internet
a.
Cybercrime
Adalah kejahatan yang di lakukan
seseorang dengan sarana internet di dunia maya yang bersifat. Bentuknya ada
beberapa macam antara lain: Hacking adalah Usaha memasuki sebuah jaringan
dengan maksud mengeksplorasi atupun mencari kelemahan system jaringan. Cracking
adalah Usaha memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan maksud mencuri,
mengubah atau menghancurkan file yang di simpan padap jaringan tersebut.
b.
Pornografi
Di internet terdapat gambar-gambar
pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang
untuk bertindak kriminal.
c.
Violence And Gore
Atau yang biasa dikenal dengan
istilah Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan
isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan
segala macam cara agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan
menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
d.
Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang
manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik
adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda
dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
e.
Carding
Karena sifatnya yang ‘real time’
(langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah cara yang
paling banyak digunakan dalam dunia internet. Dengan sifat yang terbuka, para
penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit)
on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan.
f.
Perjudian
Dengan jaringan yang tersedia, para
penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda
hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak
agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
g.
Mengurangi sifat sosial manusia
Karena cenderung lebih suka
berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face).
Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat
dalam berinteraksi.
E.
Beberapa Fasilitas yang Tersedia Di Internet
- Telnet (Remote Login) adalah fasilitas yang digunakan untuk melakukan login dan bekerja pada komputer dari jarak jauh.
- Electronic Mail untuk menerima dan mengirim pesan-pesan/surat dari orang lain dalam jaringan internet.
- Usenet ialah Suatu sistem diskusi kelompok pada jaringan internet, dimana artikel-artikel atau makalahnya didistribusikan ke seluruh pemakai internet di seluruh dunia.
- Finger Service merupakan fasilitas yang memberikan kesempatan kita untuk menanyakan informasi tentang seorang pemakai.
- Remote Login ialah Fasilitas untuk menghubungi atau memasukkan salah satu server (pusat komputer) yang disambungkan ke jaringan internet. Untuk dapat melakukan hal ini kita harus tahu alamat servernya, punya username dan password, tetapi setiap server biasanya memberikan kesempatan kepada semua orang login dengan menggunakan account atau username Public agar dapat memasuki/login ke suatu server.
- Anonymous FTP memberikan kesempatan kita untuk mentransfer atau mengirim file dari satu komputer ke komputer yang lain.
- Archie Server merupakan katalog atau tempat mencari alamat-alamat tempat untuk Anonymous FTP.
- Talk Facilitydigunakan untuk menghubungi pemakai lain dalam jaringan internet baik dalam sistem yang sama ataupun sistem yang berbeda. Selanjutnya kita dapat menerima dan mengirim pesan kepada pemakai yang kita hubungi.
- Internet Relay Chat (IRC) mirip dengan fasilitas talk, tetapi melibatkan sekelompok orang, kita akan dapat ambil bagian dalam komunikasi publik dengan sekelompok orang.
- Gopher adalah penyedia menu di mana kita bisa mendapatkan segala informasi termasuk fasilitas-fasilitas internet lainnya. Setiap gopher ini berisi informasi-informasi dimana sistem administrator lokal dipakai bersama.
- Veronica dan Junghead adalah fasilitas yang dapat menelusuri menu-menu gopher di seluruh dunia.
- Wais Server (Wide Area Information Service) menyediakan cara untuk menemukan informasi yang tersebar dalam internet dengan cara menggunakan fasilitas database dan pencarian dilakukan dengan menggunakan kata kunci.
- World Wide Web (WWW) merupakan fasilitas hypertext yang memberikan kesempatan kepada kita untuk untuk mencari dan menampilkan informasi dengan mengetikkan alamat elektronik tujuan
- White Pages Directory merupakan server yang menampilkan daftar referensi.
- Electronic Magazine adalah majalah elektronik berupa artikel-artikel yang disimpan dalam file-file yang diakses oleh semua orang, baik dengan topik ilmiah ataupun hiburan.
- Mailing List adalah sistem yang mengirim pesan-pesan berupa artikel, berita atau apa saja sesuai dengan topik yang ditentukan ke sekelompok orang.
- Bulletin Board System (BBS) merupakan tempat untuk menyimpan pesan-pesan dan file yang sesuai dengan topik yang ditentukan.
- Whois adalah salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk mencari user yang ada pada seistem komputer yang terhubung dengan jaringan internet.
- Multiple User Dimention (MUD) merupakan program komputer yang menyediakan fasilitas untuk berinteraksi, berfantasi dan beraksi dengan user-user lain dimana masing-masing memainkan perannya.
- Search Engine mirip dengan WAIS Server yaitu tempat untuk mencari informasi di internet menggunakan fasilitas database yang pencariannya juga dilakukan dengan memasukkan kata kunci, namun kita tidak perlu menentukan tempat pencarian kita. Fasilitas ini berbasis WWW.
- Online Game dapat menghubungkan beberapa user yang berada di lokasi yang berbeda untuk menjalankan program game secara bersamaan.
- VOIP (Voice Over Internet Protokol) merupakan fasilitas yang mirip dengan fasilitas telepon namun menggunakan jalur internet sebagai pengantar data (voice).
- HTML singkatan dari Hyper Text Markup Language adalah file teks atau file ASCII yang berisi instruksi/script kepada web browser untuk menampilkan suatu tampilan grafis dari sebuah halaman web.
- Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia.
- URL(Uniform Resource Locator), yaitu sarana yang digunakan untuk menentukan alamat yang di pakai ketika kita mengakses internet (Website/HomePage).
- TCP/IP adalah salah satu jenis protokol yg memungkinkan kumpulan komputer untuk berkomunikasi dan bertukar data didalam suatu network (jaringan).
- VIDEO adalah merupakan seperangkat komponen atau media yang mampu menampilkan gambar sekaligus suara dalam waktu bersamaan.
- Browsing adalah seni pencarian informasi melalui system operasi yang berbasis hypertext, misalnya membaca berita, bermain game, menulis blog, mengirim e-mail, dan lain sebagainya. Contoh produknya adalah Internet Explorer, Opera, Mozilla Firefox dll.
F.
Tips Mengamankan Anak dari Bahaya Internet
Pengguna internet
tidak hanya orang dewasa saja, sekarangpun sudah banyak anak yang masih dibawah
umur sudah pandai mengoperasikan internet dalam kehidupan mereka. Hal ini disebabkan
karena semakin majunya teknologi yang ada sekarang ini. Namun dibalik kemajuan
itu ternyata ada bahaya besar yang mengancam para pengguna khususnya yang masih
dibawah umur. Berikut ada beberapa tips yang dapat dipakai oleh para orangtua
untuk mengawasi anaknya dalam ber”browsing”:
1. Memasang Firewall
Admin di sekolah atau
di rumah sebaiknya menginstal software firewall yang mampu memonitor informasi
baik yang menuju maupun yang keluar dari server sekolah atau rumah, sebagai
langkah pengamanan jaringan. Firewall ini akan mampu mencegah informasi
tertentu (baik file ataupun program) berseliweran keluar ataupun masuk jaringan
2. Memasang Software
Filtering
Langkah selanjutnya
adalah memasang software filtering untuk mencegah anak-anak mengakses informasi atau situs-situs yang
tidak pantas. Filter ini bekerja berdasarkan kata kunci (keyword) atau frase
tertentu yang diketikkan. Jika dirasa kata kunci yang diketikkan mengandung
kata-kata ‘dewasa’ seperti seks atau payudara, maka user tidak akan menemukan
hasil pencarian yang dituju. Meski begitu filter ini tidak bisa sukses 100%
karena kini pemilik situs makin lihai menyiasati pemblokiran akses dengan cara
menciptakan URL yang tidak mencurigakan, namun dalam kenyataan menyesatkan
3. Membatasi Upload
Konten
Keamanan internet
bukan hanya berbicara tentang apa yang kita akses, namun juga tentang apa yang
kita posting di internet.
4. Jadi Panutan
Beberapa tips di atas
adalah aksi yang penting dilakukan untuk mengamankan anak-anak dari bahaya
internet. Namun di luar itu, langkah terpenting ada di pundak guru dan orang
tua yang diharapkan mampu menjadi panutan bagi murid dan anak-anaknya dengan
mengajarkan anak untuk memakai internet secara bertanggung jawab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar