Minggu, 17 Maret 2013

Rencana Pengadopsian Standar Akuntansi Internasional


Di dalam berita online (Kamis, 17 Maret 2013) dikatakan bahwa Muliaman D. Hadad selaku Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan atau yang biasa disebut OJK menyampaikan beberapa hal penting, yaitu Terdapat sejumlah agenda terkait dengan proses standar transformasi standar dan regulasi pelaporan keuangan.
Pertama  adalah  program  konvergensi standar akuntansi Indonesia ke International Financial Reporting Standards (IFRS) yang dimulai sejak 2008 dan telah dicapai pada 2012.
Kedua disahkannya Undang-Undang nomor 5 Tahun 2011 tentang Akuntan Publik yang memberikan legal framework pengaturan profesi Akuntan Publik di Indonesia.
Ketiga transformasi standar auditing dengan mengadopsi International Standard on Auditing (ISA) yang diharapkan selesai pada  2013.
Mengingat bahwa dalam dalam Akuntansi Internasional terdapat perbandingan prinsip akuntansi antar negara yang berbeda dan harmonisasi berbagai standar akuntansi dalam bidang kewenangan pajak, auditing dan bidang akuntansi lainnya. Akuntansi harus berkembang agar mampu memberikan informasi yang diperlukan dalam pengambilan keputusan di perusahaan pada setiap perubahan lingkungan bisnis.
Ketiga poin tersebut nampaknya akan memberikan dampak yang signifikan baik terhadap Indonesia karena mampu membawa Indonesia pada tataran baru teknologi audit laporan keuangan dengan mengadopsi ISA, sehingga laporan audit Indonesia diterima global. Hal ini diperkuat dengan beberapa fakta Internasional bahwa terdapat lebih dari 12.000 perusahaan publik di 100 negara yang mengadopsi IFRS, dengan pengadopsian tersebut dapat mengurangi atau bahkan mengeliminasi kebutuhan untuk melakukan rekonsiliasi antar- subsidiaries karena perusahaan, across borders, mutiple listing telah menggunakan standar pelaporan yang sama dan penggunaan bahasa yang sama akan memudahkan pemahaman proses audit, mulai dari identifikasi risiko sampai dengan kesimpulan pada suatu proses konsolidasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar